Rapat Koordinasi Data Statistik Hotel Kota Gunungsitoli Tahun 2022 - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Gunungsitoli

Selamat Datang! Untuk mendapatkan data BPS silakan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kota Gunungsitoli di Jalan Arah Puskesmas No.9 Dusun III Desa Hilinaa Kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli, setiap hari kerja mulai pukul 08.00 WIB s/d 15.00 WIB

Rapat Koordinasi Data Statistik Hotel Kota Gunungsitoli Tahun 2022

Rapat Koordinasi Data Statistik Hotel Kota Gunungsitoli Tahun 2022

10 Juni 2022 | Kegiatan Statistik Lainnya


Bertempat di Ruang Rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gunungsitoli, pada hari Jumat, 10 Juni 2022, pukul 14.30 WIB-16.30 WIB dilaksanakan Rapat Koordinasi Data Statistik Hotel Kota Gunungsitoli.  Rapat dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, Drs. Oimonaha Waruwu didampingi  Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Deslawati Gea, SH, M.Si. Dalam rapat koordinasi ini diikuti oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Gunungsitoli, Sekretaris Badan Kesbangpol, Perwakilan dari Dinas BPKPD, Perwakilan dari Dinas  PMPTSP Kota Gunungsitoli serta  BPS Kota Gunungsitoli.  Pada Kesempatan tersebut Kepala BPS Kota Gunungsitoli, Sabar Alberto Harianja dan Koordinator Tim Statistik Hotel, Idaman Jaya Zendrato hadir dalam rapat tersebut.  

Data statistik hotel menghasilkan berbagai indikator yang menunjukkan data  banyak tamu hotel, tingkat penghunian kamar dan rata-rata lama tamu menginap, baik domestik dan wisatawan asing.  Data/informasi ini diharapkan dapat dijadikan landasan perencanaan dan evaluasi, baik oleh instansi pemerintah maupun swasta, untuk menentukan kebijakan terkait usaha tersebut. 

Dalam arahannya, Sekda menyampaikan perlunya koordinasi antar Dinas dan Instansi dalam pengumpulan data Statistik di Kota Gunungsitoli. Masing-masing dinas dan instansi memiliki kewenangan, kewajiban serta kepentingan yang berbeda dari data statistik hotel. Dari hasil rapat ini diambil langkah-langkah terukur dan melakukan pembinaan terhadap pemilik atau pengelola hotel di Kota Gunungsitoli.   

Dalam diskusi, Kepala BPS Kota Gunungsitoli, Sabar A. Harianja menyampaikan bahwa secara rutin BPS Kota Gunungsitoli mengumpulkan data statistik hotel, baik bulanan melalui Survei Statistik Jasa Akomodasi Bulanan (VHTS) dan tahunan melalui Survei Statistik Jasa Akomodasi Tahunan (VHTL) .  Data statistik hotel yang disajikan di Gunungsitoli Dalam Angka merupakan data dari hasil survei VHTS.  Sedangkan survei bulanan atau VHTL digunakan untuk estimasi angka nasional dan provinsi.  Data-data yang dikumpulkan dari setiap hotel diolah sehingga menghasilkan data agregat statistik hotel, tambahnya. Tahun 2022 ada 10 hotel yang menjadi responden pengumpulan data bulanan.  Dan rencananya untuk meningkatkan kualiatas data statistik hotel, BPS Kota Gunungsitoli akan melaksanakan sosialisasi terkait pentingnya indikator-indikator dari data yang dikumpulkan.

Diharapkan dari rapat koordinasi ini data statistik hotel di Kota Gunungsitoli semakin beragam dan berkualitas.
Saohagolo, Yaahowu (SAH)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Gunungsitoli (BPS-Statistics of Gunungsitoli Municipality)Jl. Arah Puskesmas No.9 Dusun III Desa Hilinaa Kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli 22810

 Mailbox : bps1278@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik